14 July, 2013

7/14/2013 03:56:00 PM - ,, 2 comments

Tips Mengetik Cepat di Keyboard Komputer

Mungkin kalian bertanya, Apa sih manfaat mengetik itu? Memangnya mengetik itu dibutuhkan di kehidupan? Ya, mengetik itu dibutuhkan di kehidupan. Jaman sekarang ini, hampir semuanya dilakukan dengan teknologi, terutama teknologi komputer. Kalau kamu mau jadi juru ketik sekolah, kamu harus bisa mengetik 10 jari dengan cepat. Sama seperti pekerjaan lain, seperti PNS, resepsionis, transkripter, sekretaris, dan lain-lain. Kalau kalian jago ngetik, rasanya itu senang banget! Apalagi kalau lebih jago dari yang lain, rasanya itu kayak powerful banget deh!



Nah, kalian harus tau dulu cara mengetik yang benar. Jangan make 11 jari lagi (1 telunjuk kanan, 1 telunjuk kiri) hehehe... mengetik 10 jari itu ya menggunakan semua jari. Kalau orangnya udah ahli kadang dia modifikasi sendiri, seperti sang juara Sean Wrona, dia itu memang dari kecil sudah berbakat mengetik. Memang sudah kebiasaannya. Sebenarnya sih boleh boleh aja mengetik cara sendiri, tapi kalau cara sendirinya itu lambat dan harus melihat keyboard, mending make cara yang lebih bagus, iya gak?

Kalau tutorial ngetik sih banyak tempatnya. Kalau mau yang online kusarankan belajar di http://typingweb.com. kalau mau yang offline (program)nya kusarankan TyperShark. Ada juga lho tempat dimana kita bisa lomba ngetik. Seperti typeracer.com dan nitrotype.com. Kalau mau ngetes kecepatan sih aku biasanya di 10fastfingers.com. Kecepatan mengetik itu diukur dengan satuan WPM (Word Per Minute) kalau di Indonesia disebut KPM (Kata Per Menit) dan CPM (Character Per Minute).

Nah, Tips nya itu simple aja, cekidooot:

=>Hapalkan layout keyboardnya. Semakin kamu hapal, semakin cepat kamu mengetik. Kalo mau ngetesnya sih, minta temenmu atau siapalah di deketmu bacain cerita, kamu ngetik sambil matanya ditutup sarung tangan. 
=>Seimbangakn akurasi dengan kecepatan mengetik. Akurasi itulah kuncinya, walaupun kamu mengetik cepat sekali tapi akurasinya kecil, ya sama aja dengan lambat.
=>Berlatihlah secara rutin. Misalnya ketika kamu lagi ada waktu luang, daripada melamun mending latihan mengetik. Kalau aku sih saranin mengetik setiap hari minimal 10-20 menit.
=>Belajarlah mengetik kata kata yang panjang dan sulit. Tujuannya agar kamu terbiasa dengan kata kata yang panjang dan sulit. Pelajari juga simbol-simbol dan angka-angka.

Itu tadi yang umumnya, kalau menurut aku sich:
  • Mengetik cepat di kata yang pendek, dan melambat sedikit di kata yang panjang. (Sean Wrona)
  • Jangan menekan tombol terlalu lama
  • Berikan targetmu. Misal: Dalam 2 tahun aku harus bisa mengetik average 70 wpm
  • Pelajari juga mengetik dalam bahasa lain, agar kamu lebih terbiasa mengetik huruf huruf sulit dan mempercepat menghapal layout keyboard
  • Istirahat yang cukup. Kalau kamu mengetik ketika kamu sudah begadang 2 hari, kuyakin pasti akurasinya kecil sehingga kecepatannya juga jadi lambat
  • JANGAN MENGETIK SAAT BAD MOOD/LAGI MARAH! Tapi ini gak berlaku untuk semua orang, ada orang yang kalau mengetik lagi marah, dia  malah menjadi semakin cepat.
  • Fokus kepada tulisan, jangan terlalu sering melihat ke keyboard.
Cobalah kamu cara ini. Apabila kamu sudah bisa mengetik lancar, kamu bisa lho update status Facebook dan chat SAMBIL NONTON TV! Hahaha... seru kan? Btw, ini dia data mengetikku:
rata-rata: Indonesia 80-90 wpm, inggris 75-80 wpm
paling cepat: 95 wpm
akurasi: 95%-99%
target: tahun 2016 harus bisa ngetik kode program dgn kecepatan 80-90 wpm (skrg masih 60-70 wpm xD)

Kalau kamu apa?

2 comments:

Cuma pembuka doang, daripada gak ada entri... :D

makasih gan udah share tips mengetiknya
berhasil nih saya praktekin hehe

Post a Comment