13 February, 2015

2/13/2015 08:31:00 PM - 1 comment

It’s the time to change our perspective, friends!

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hello guys, whatsup?

Pada postingan kali ini, saya mau membahas tentang Sikap Kita Terhadap Kebudayaan Agama Lain. Kali ini akan kupakai bahasa Indonesia yang resmi, agar postingan ini bisa bersifat publik.


“Society has made minds of the majority of people to think negatively about other cultures they don’t do.”

Tapi sebelum ke pembahasan inti, saya akan memberikan hasil survey saya di beberapa situs di internet. Survey saya adalah mengenai, “Apa pendapat anda mengenai Indonesia?” 
Banyak yang menjawab bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki keindahan alam yang hebat, tetapi begitu saya menanyakan “Bagaimana dengan masyarakatnya?”

Meskipun banyak yang menjawab “ramah”, banyak juga yang berpendapat bahwa negara kita ini “kurang toleran terhadap budaya (terutama agama) lain”.

Setiap menjelang perayaan Hari Natal, Hari Valentine, atau hari-hari di agama lain selain Islam, saya sering mendapatkan broadcast yang melarang umat Muslim untuk merayakan hari raya tersebut, disertai dengan ayat-ayat pendek. Broadcast ini mengandung kebenaran (Di Islam, kita memang dilarang untuk mengikuti hari raya agam lain); tetapi juga mengandung unsur negatif, seperti menjelek-jelekkannya ataupun mencemoohkannya. Haruskah seperti itu?

Kita sebagai umat Muslim memang tidak diperbolehkan merayakan hari raya agama lain, tetapi kita harus menghormatinya, membiarkan mereka melakukan hari raya mereka sendiri. Tidak boleh kita menjelek-jelekkan ataupun mencemooh budaya mereka, karena kita harus bersikap toleran. Islam mengajarkan kita untuk toleran toh?

Kalau kita diajak, menolaklah dengan halus. Biarkan saja mereka melakukannya, tidak perlu kita ikuti. Mengingatkan orang lain mengenai larangan tersebut tidak apa-apa, hanya saja jangan sampai kesannya menjadi menjelekkan budaya itu. Kita tidak mau kan, kalau agama kita dijelek-jelekkan? Kalau tidak ingin mengikuti, tidak usah terlalu dipermasalahkan. Bersikap seperti biasa saja.

Nah, demikianlah postingan saya. Apabila ada kesalahan saya mohon maaf. Saya juga ingin agar teman-teman yang non-muslim untuk mengerti kondisi kami. Kuharap postingan ini bermanfaat.


Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

1 comments:

That's true. Disamping menjaga keteguhan Iman, kita juga gak Boleh menjelek-jelekkan agama lain ;)

Post a Comment